Minggu, 17 Juni 2018

Tips Sukses Pitching Talent Scouting The NextDev 2018 di Batam


Sebagai platform early stage startup di Indonesia, The NextDev 2018 memberi kesempatan seluas-luasnya bagi para developer untuk mengembangkan startup. Tak terkecuali ketika kompetisi bergengsi ini menggelar Talent Scouting di Denpasar, Bali beberapa waktu lalu. 20 peserta yang tampil di hadapan dewan juri senantiasa mengusung konsep unik. Kebanyakan dari mereka mencoba untuk mengatasi problem yang akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Setelah Denpasar, Talent Scouting The NextDev 2018 akan menyambangi Batam pada 26 Juli 2018 mendatang. Buat para developer muda yang ingin mengikuti fase ini, segera submit ide di www.thenextdev.id dan pastikan kamu mendapat kesempatan untuk melakukan pitch deck. Di hadapan tiga dewan juri, kamu akan diberikan waktu 3 menit mempresentasikan startup-mu. Biar bisa lolos fase ini, coba terapkan tips berikut!

Materi Menarik dan Seringkas Mungkin


Materi presentasi yang akan disampaikan ke dewan juri Talent Scouting The NextDev 2018 memang dibatasi tak lebih dari 15 slide. Jangan sampai berbelit-belit saat menyampaikannya karena akan membuat ide utama, seperti passion dan social impact, malah jadi tidak terlihat. Tunjukkan masalah yang ingin disampaikan dan caramu untuk memecahkannya lalu ungkapkan juga tantangan yang akan dihadapi beserta kemungkinan untuk mengatasinya.

Langsung ke Pokok Permasalahan


Sebelum mulai melakukan presentasi, curi perhatian dewan juri dengan melakukan perbincangan kasual, singkat, dan terperinci tentang latar belakang startup. Jika perlu sematkan tagline atau kata-kata yang mampu mewakili ide atau gagasan startup yang dimiliki. Hal ini akan menjadi pengantar yang menarik bagi presentasi selanjutnya.

Hafalkan Isi Materi


Slide yang dipenuhi oleh tulisan yang kemudian dibacakan saat presentasi terasa lebih membosankan. Pastikan isi slide didominasi oleh visual sehingga lebih menarik untuk disimak. Bisa berupa grafik, foto, hingga animasi yang menunjang materi. Gunakan slide-slide ini hanya sebagai alat penunjang saat menjelaskan di depan dewan juri.

Terus Berlatih


Perasaan gugup dan cemas normal dialami saat sedang berhadapan dengan hal-hal penting. Tapi kamu bisa meminimalkannya dengan terus berlatih, sehingga memunculkan rasa percaya diri dan semangat. Jangan lupa layangkan pandangan ke arah juri maupun penonton, dan tetap tersenyum ramah untuk menutupi kecemasan.

Menghadapi Pertanyaan


Setelah presntasi berlangsung dengan sukses, biasanya akan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Terkadang hal ini dapat memicu rasa gugup dan membuat pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri jadi tidak terjawab dengan baik.

Selain menguasai materi dengan baik, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dalam mengantisipasi pertanyaan yang mungkin diberikan. Biasanya, pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan berhubungan dengan social impact yang diberikan untuk masyarakat atau lingkungan sekitar, kemampuan tim kerja, kompetitor, maupun target pasar.

Jangan ragu untuk submit ide startup ke The NextDev 2018. Walau masih dalam early stage, kamu bisa belajar banyak hal untuk mengembangkan startup yang dimiliki ke tahap yang lebih tinggi. Setelah sukses digelar di Surabaya, Semarang, dan Denpasar, menyusul kota-kota lainnya seperti Batam (Juli), Samarinda (Agustus), Yogyakarta (September), dan Jakarta (Oktober).

0 komentar:

Posting Komentar