Rabu, 29 Agustus 2018

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Menata Kitchen Set



Saat ini furniture bergaya minimalis sangat diminati. Bentuknya yang simpel dengan desain fungsional menjadi keunggulan furniture ini. Tak hanya ruang keluarga, dapur bergaya minimalis juga membuat rumah Anda terkesan luas dan nyaman. Ada beberapa hal yang harus Anda hindari saat menata kitchen set minimalis. Berikut ini ulasannya.

1.Kurangnya Area Kerja

Biasanya, kebanyakan orang akan memilih kitchen set dengan storage yang besar dan banyak untuk menyimpan barang-barang dan peralatan memasak. Storage memang penting, namun jika Anda terlalu memerhatikan storage seringkali counter top yang berfungsi sebagai area kerja pada kitchen set terabaikan.

Menyiasati hal ini, Anda bisa memilih kitchen set bergaya minimalis yang memiliki counter top yang cukup luas. Desain dapur minimalis biasanya memaksimalkan fungsi sehingga seringkali berbagai space yang tersisa difungsikan untuk hal lain seperti penempatan wastafel untuk mencuci piring.
Jika kitchen set yang Anda miliki sudah terlaanjur memiliki area kerja yang sempit, Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan kitchen island sebagai tambahan di area dapur Anda.

2. Memiliki Terlalu Banyak Kabinet Terbuka

Variasi kitchen set dengan kabinet terbuka memang menarik dan dapat menjadi dekorasi tambahan di area dapur. Namun, memiliki kabinet terbuka yang terlalu besar atau banyak justru membuat dapur terlihat penuh dan tidak rapi. Ada baiknya Anda menyimpan beberapa peralatan yang jarang terpakai dalam storage tertutup agar lebih rapi.

Jika Anda ingin memiliki kitchen set dengan kabinet terbuka, pilihlah kabinet yang tidak terlalu besar dengan satu atau dua kompartemen saja. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan palet pada sisi dinding untuk memaksimalkan area dapur Anda agar terlihat lebih luas.


3. Kurang Memerhatikan Instalasi Listrik

Ada banyak peralatan elektronik yang akan Anda gunakan di dapur. Misalnya saja rice cooker, blender dan mixer. Maka mempersiapkan instalasi listrik yang memadai pada kitchen set sangatlah penting. Anda bisa menyediakan stop kontak dengan soket yang cukup sekitar dua atau tiga pada dinding area kerja kitchen set.

Anda juga bisa menyiasatinya dengan menempatkan soket pada laci di storage yang terletak tepat di bawah area kerja agar lebih mudah menjangkaunya. Jangan sampai karena kurangnya penataan instalasi listrik yang baik, Anda terpaksa membiarkan steker-steker berserakan di atas kitchen set. Selain tidak rapi, hal ini juga bisa membahayakan.


4.  Kurangnya Pencahayaan pada Kitchen Set

Saat melakukan aktivitas seperti memasak atau menyiapkan hidangan di dapur, Anda tidak bisa hanya mengandalkan penerangan utama dari ruangan. Anda juga mmerlukan instalasi pencahayaan yang baik pada kitchen set untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Jika kitchen set yang Anda pilih memiliki rak dinding, Anda harus menambahkan lampu atau pencahayaan lain pada bagian bawah kabinet agar area kerja di bawahnya tidak gelap karean terhalang oleh bayangan rak dinding tadi.


5.  Tidak Mengoptimalkan Laci pada Kitchen Set

Kebanyakan orang hanya memerhatikan kabinet berbentuk lemari dengan kompartemen luas untuk kitchen set mereka. Padahal penggunaan laci sangat efektif untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil seperti spatula, pisau hingga bumbu masak. Menggunakan laci juga bisa mengorganisir peralatan memasak Anda agar lebih rapi dan efisien.

Itulah beberapa kesalahan dalam menata kitchen set minimalis yang harus Anda hindari. Jika Anda merasa kesulitan merancang area dapur, Anda bisa menggunakan jasa design interior dari sejasa.com. Tim design interior kami akan menyulap area dapur Anda menjadi lebih rapi dan nyaman.

0 komentar:

Posting Komentar