Selasa, 22 Januari 2019

Macam-Macam Cara Hemat Listrik di Industri


Penggunaan energi listrik menjadi salah satu perhatian penting di kalangan industri. Karena, biaya listrik merupakan salah satu komponen kedua terbesar setelah bahan baku. Contohnya pada tagihan listrik di industri tekstil dan garmen yang mencapai 15 persen dari total biaya produksi. Energi listrik umumnya digunakan untuk menggerakkan motor-motor listrik (motor induksi), air conditioner (AC), penerangan, sistem keamanan dan lain lain. Pelaku bisnis menjadi sangat tergantung pada ketersediaan energi listrik untuk menjalankan usahanya. Hal ini menjadikan para pelaku bisnis industri memutar otak untuk selalu melakukan solusi listrik untuk industri.
Masalahnya, operasional listrik industri terjadi di sektor industri. Sekitar terdapat lebih dari 80 persen pemborosan energi yang disebabkan karena penggunaan listrik yang berlebihan dan juga tidak sesuai dengan waktu. Selebihnya merupakan faktor teknis pada peralatan yang telah digunakan. Akibatnya apa? biaya produksi semakin membengkak dan juga tidak sebanding dengan output dari perusahaan. Perusahaan kini harus berusaha dengan semaksimal mungkin untuk dapat menjadi salah satu kontrol dari penggunaan listrik pada perusahaan industri. Salah satu caranya adalah dengan melakukan efisiensi energi. Dengan memulai dari mendeteksi beberapa unit yang menjadikan pemborosan pada arus listrik, dan kemudian dilakukan penghematan atau dicarikan solusi hemat listrik pada industri tersebut.
Efisiensi energi ini tentu tidak dapat dilakukan secara manual saja. Hal tersebut perlu adanya sebuah penanganan terintegrasi yang praktis untuk dilakukan. Karena, di dalam melakukan efisiensi energi, perusahaan juga sering menghadapi sebuah problem, contohnya saja adalah konflik antar bagian karena penerapan kebijakan energi, keterbatasan kapasitas, dan juga atau desain sistem yang buruk. Maka dari itu, perusahaan juga dapat memakai layanan sewatama pada hal tersebut. Saah satu metode yang dipakainya adalah dengan menggunakian EcoStruxure.io yang sama sekali tidak mempengaruhi operasi perusahaan, karena EcoStruxure.io merupakan pendekatan untuk menciptakan sistem manajemen energi yang cerdas dalam fasilitas perusahaan. Biaya dari energi yang di dapat dikurangi dengan EcoStruxure.io mencapai 30 persen melalui pemantauan penggunaan energi secara sistematis dan real time.

0 komentar:

Posting Komentar