Jumat, 22 Maret 2019

3 Perangkat Elektronik yang Bisa Diganti di Rumah untuk Menghemat Biaya Tagihan Listrik


Beban listrik yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan rumah tangga senantiasa meningkat? Hal ini bisa disebabkan karena kebiasaan Anda yang tidak sehat di dalam menyalakan lampu atau salah dalam memilih perangkat elektronik yang digunakan di rumah. Untuk menurunkan beban tagihan tersebut banyak diantara masyarakat yang mencari alat penghemat listrik terbaik, lalu apakah membuahkan hasil? Mungkin ada namun hanya sedikit.

Karena faktanya jika tidak ada perubahan yang berhubungan dengan kegiatan pemakaian listrik, akan sangat sulit untuk menurunkan biaya tagihan tersebut. Ada beberapa langkah yang sebenarnya mudah dilakukan, namun jarang diterapkan dalam pemakaian listrik, seperti diantaranya adalah kebiasaan mematikan lampu ketika tidak digunakan, sangat sederhana, namun efeknya begitu besar di dalam menekan biaya tagihan listrik. Cara lainnya bisa dengan mengganti perangkat elektronik yang digunakan sehari-hari dengan yang lebih kecil beban listriknya, seperti diantaranya adalah:

1. Mengganti komputer dengan laptop, keduanya memiliki fungsi yang sejenis, namun laptop ini bentuknya jauh lebih praktis dan juga jika dilihat watt yang diperlukan dalam pemakaiannya juga lebih kecil, sehingga bisa lebih hemat beban tagihan listrik bulanan.

2. Mengganti lampu biaya yang dipakai dengan yang memiliki logo khusus hemat energi, semakin kesini banyak diantara produsen alat-alat elektronik yang menciptakan produk hemat energi, biasanya ditandai dengan logo khusus, harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan yang biasa. Namun hal ini cukup efektif dalam menekan pemakaian listrik.

3. Mengganti AC menggunakan kipas angin, jika yang Anda butuhkan hanyalah udara untuk menyejukkan ruangan, sebenarnya kipas angin saja cukup untuk dipakai, apalagi konsumsi listriknya juga lebih hemat dibandingkan dengan AC dan tidak menyebabkan ketergantungan.

Mudah untuk dilakukan bukan, sebisa mungkin jika alat elektronik tersebut tidak dibutuhkan dalam rumah tangga, maka jangan dipakai, karena hanya akan menambah beban listrik saja. Lalu bagaimana dengan solusi listrik untuk industri? Hal ini juga tidak perlu dikhawatirkan, percayakan saja kepada perusahaan kelistrikan yang tepat seperti diantaranya adalah dari Sewatama.

0 komentar:

Posting Komentar