Senin, 01 April 2019

Baca Dulu Tips Ini Sebelum Memilih dan Membeli Saklar dan Stop Kontak Untuk Rumahmu

sumber : my-best

Bagi kamu yang ingin memilih stop kontak/saklar yang bagus untuk menjaga keamanan rumah tidaklah sulit, yang kamu perhatikan hanyalah beberapa kriteria saja agar tidak membahayakanmu. Kebanyakan orang lebih memilih saklar/stop kontak yang murah, tetapi saklar murah justru memiliki kualitas yang kurang baik. Bahkan bisa membahayakanmu ketika ingin menghubungkan beberapa alat elektronik seperti : TV, Kulkas, microwave, oven dan lain sebagainya. Karena saklar/stop kontak dengan harga murah biasanya tidak tahan terhadap panas listrik yang dibebankan dan mudah meleleh sehingga dapat menyebabkan kebakaran.

Bukan berarti ketika kamu ingin memilih saklar/stop kontak bagus harus membeli yang berharga mahal. Kamu bisa bandingkan antara produk berkualitas baik dan buruk mana yang lebih tinggi harga jualnya. Faktor tersebut dapat disebabkan dari pabrikan karena adanya riset serta penggunaan bahan yang lebih berkualitas ditambah dengan biaya produksi produk yang lebih fantastis.

Kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih saklar/stop kontak yang berkualitas serta aman :

Memilih Saklar Berkualitas dengan Baik


Sumber : Shopee.co.id

1. Suara 'Klik' pada saklar

Ketika membeli saklar yang berkualitas pilihlah knop atau tombol saklar yang ketika di tekan pada posisi on maupun off, suaranya terdengar lembut dan tidak terasa keras saat menekannya. Hal tersebut disebabkan oleh pegas atau per yang berbahan lunak dan tidak kaku, sehingga kelenturan ketika ditekan dengan frekuensi yang tinggi tidak akan berkurang, selain itu juga bisa dikarenakan oleh perpaduan antara contact dengan contact point yang sangat bagus dan presisi. Tuas kontak pada saklar berkualitas baik akan terbuat dari tembaga murni dengan gabungan contact point yang berlapis perak. Hal tersebut akan mengurangi terjadinya percikan api dan juga kabel yang panas pada penghubung saklar.

2. Cek kekuatan cengkram terminal pada saklar
Untuk memilih saklar berkualitas baik, kamu dapat mengecek kekuatan cengkram pada terminal kabel. Cara ini dapat kamu lakukan dengan menusukkan kabel tembaga engkel berjenis NYA ke dalam lubang terminal pada saklar, lalu coba kamu tarik kabel tersebut maka tidak akan mudah lepas dari saklar tersebut karena kekuatan cengkramnya yang kuat bahkan bisa menahan kekuatan cengkram sebesar kurang lebih 10 Kgm.

Cara untuk melepaskan kabel tersebut, kamu hanya perlu menekan isolasi yang terletak dibagian atas terminal saklar. Tekan isolator bersamaan dengan cara menarik kabel tersebut. Selain itu, saklar dengan kualitas baik memiliki isolator yang dapat ditekan berkali-kali tanpa harus takut kekuatan cengkram terminal kabel berkurang.

Memilih Stop Kontak Berkualitas Baik


Sumber : Pricearea.com

1. Daya Cengkram Steker Yang Kuat Dan Tidak Kendor
Kamu dapat menguji kekuatan cengkram stop kontak dengan cara menghubungkan steker dengan stop kontak lalu cabut steker dari stop kontak, kamu bisa melakukan hal tersebut berkali-kali. ketika digunakan dalam frekuensi yang sangat tinggi, daya cengkram stop kontak yang memiliki kualitas baik akan tetap kuat dan tidak berubah ataupun berkurang sedikitpun. Selain itu kamu juga bisa melakukan pengecekan lentur pada bagian plat tembaga pada stop kontak menggunakan obeng min atau tespen.

2. Cek kelenturan busur arde pada stop kontak
Stop kontak yang memiliki kualitas baik ketika kamu menekan busur arde berkali-kali maka kelenturannya akan terjaga dan tidak berkurang sedikitpun. Busur arde terletak di bagian dalam stop kontak yang berfungsi sebagai pembuang tegangan listrik yang bocor karena disebabkan oleh adanya induksi tegangan peralatan listrik ke ground ( tanah ) ketika sedang aktif bekerja dengan power supply melewati stop kontak. Hal tersebut akan mengurangi terjadinya sengatan listrik pada peralatan listrik ketika sedang aktif bekerja.

Demikian beberapa tips untuk memilih saklar listrik dan stop kontak yang berkualitas untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan di rumah.

0 komentar:

Posting Komentar