Rabu, 24 April 2019

Normalkah Hamil Tanpa Diikuti Gejala? Ini Jawabannya


Perubahan secara fisik maupun psikis lumrah terjadi pada saat kehamilan. Hal itu dikarenakan tubuh menyesuaikan diri untuk menjadi rumah sementara bagi janin dalam rahim Anda. Namun ternyata, ada ibu hamil yang merasa sedang tidak hamil, karena ia tidak merasakan gejala yang berarti. Apakah itu normal atau malah indikasi dari kondisi yang buruk? Begini penjelasannya. 

1. Apa yang Menyebabkan Perubahan pada Ibu Hamil?
Pada saat janin mulai berada dalam rahim Anda, maka akan muncul tanda-tanda yang mengindikasikan kalau Anda sedang berbadan dua. Anda mungkin merasa emosi Anda tidak stabil, lelah, sakit kepala, mual, muntah, nyeri di bagian punggung, dan payudara yang membengkak. Semua ini normal terjadi karena adanya perubahan pada sistem kerja organ dalam tubuh Anda.  

Hormon kehamilan merupakan pemicu dari gejala kehamilan yang Anda rasakan. Misalnya saja hormon progesteron yang meningkat, membuat Anda sering merasa lelah. Hormon kehamilan juga menyebabkan produksi darah menjadi lebih banyak, sehingga jantung harus memompa darah dengan ekstra. Alhasil, urat nadi Anda menjadi bengkak dan kentara terlihat di permukaan kulit. 

2. Normalkah Bila Anda Tak Merasakan Gejala Kehamilan?
Sama-sama hamil, namun pengalaman yang Anda rasakan sangat berbeda dengan teman Anda. Dia hampir selalu merasa mual setiap hari, Anda malah semakin semangat untuk melahap makanan. Teman Anda merasa payudaranya terasa sangat nyeri, namun Anda merasa semuanya normal. Pertanyaannya, kok bisa sih seperti itu? Mungkinkah hamil tapi payudara tidak sakit

Pengalaman mengandung bagi ibu hamil memiliki keunikannya masing-masing. Tanda-tanda kehamilan yang sering sekali diulas itu adalah gejala kebanyakan, bukan berarti semua ibu hamil mengalaminya. Jadi, jika Anda tak merasakan perubahan saat hamil, itu merupakan suatu hal yang wajar. Bahkan, kehamilan pertama dengan yang kedua saja, bisa jadi sangat berbeda gejalanya.  

Gejala yang muncul saat hamil bukan serta-merta menjadi indikator kehamilan. Ada yang tak merasakan satu gejala pun, ada juga yang hanya merasakan satu dari banyaknya gejala kehamilan. Saat hamil muda, bahkan sangat wajar bagi Anda untuk tak merasakan perubahan. Jadi, jangan langsung berpikiran negatif, hanya karena merasa kehamilan Anda berbeda dari kebanyakan. 

3. Lakukan Check Up Kehamilan Secara Rutin
Walau disebut normal, terkadang gejala yang menghilang pada saat kehamilan bisa jadi mengindikasikan hal buruk. Misalnya saja, gerakan janin yang semula aktif, tiba-tiba saja mengalami penurunan atau malah hilang sama sekali. Untuk mencegah terjadinya hal ini, Anda harus selalu melakukan check up rutin, untuk memastikan kesehatan janin dalam kandungan Anda. 

Asalkan Anda rutin melakukan konsultasi dengan dokter kandungan dan memastikan kesehatan janin, Anda takkan merasa panik walau gejala kehamilan tak muncul. Kondisi ini merupakan hal yang normal dan bisa dialami oleh ibu hamil lainnya. Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar hal ini, dokter kandungan di orami.co.id siap untuk memberikan penjelasan lebih kepada Anda. 

0 komentar:

Posting Komentar