Jumat, 12 April 2019

Untung-Rugi Membeli Dealer Mobil dan Perseorangan


Dealer mobil sangat digemari oleh calon pembeli mobil baru maupun bekas. Hal ini dikarenakan membeli mobil di dealer memiliki beberapa varian mobil yang dapat dipilih. Tetapi, di era digital saat ini, menjual mobil bisa dilakukan perseorangan. Terutama dengan adanya toko-toko online yang dapat menjual mobil secara pribadi.

Bagi Anda yang sedang bingung memilih membeli mobil bekas di dealer atau perseorangan, bisa menyimak informasi di bawah ini mengenai untung rugi membeli dealer mobil dan mobil perseorangan.

Membeli Mobil Bekas di Dealer
Dealer adalah penyedia mobil yang memiliki tempat khusus untuk berjualan. Umumnya, dealer berhubungan langsung dengan konsumen dan biasanya produk-produk yang dipasarkan pun didapat dari perusahaan. Tetapi tidak sedikit dealer yang mendapatkan dagangan mobil dari melakukan jual-beli mobil bekas.

Berikut ini ialah untung dan rugi bila Anda membeli dealer mobil :

1. Terdapat Promo yang Menggiurkan
Jika Anda pergi ke dealer mobil bekas, maka Anda akan melihat promo-promo menarik yang ditawarkan di dealer tersebut. Biasanya, papan atau tulisan promo digantung di depan toko atau diselipkan di kaca mobil.

Bentuk promo tersebut bisa berbagai macam, yaitu bisa dengan pengurangan harga, diskon beberapa persen, sampai dengan DP murah. Tetapi, seperti kebanyakan promo, biasanya hal tersebut hanya untuk menarik perhatian konsumen, agar konsumen bisa berkunjung ke dealer. 

2. Bisa Kredit maupun Tunai
Ketika membeli mobil bekas di dealer, oleh petugas dealer biasanya akan ditawari dua pilihan metode pembayaran yaitu kredit atau tunai. Alangkah lebih baiknya Anda langsung memilih tunai, karena tidak akan memiliki tanggungan cicilan di kemudian hari. 

Tetapi, jika Anda tidak memiliki cukup uang, bisa memilih metode kredit. Hanya saja, metode ini cukup rawan. Karena jika tidak dibayar dengan rutin akan menimbulkan beban yang cukup berat. Sehingga dapat mengganggu sistem keuangan Anda.

3. Ditawari Berbagai Jenis Mobil Lain
Membeli mobil bekas di dealer, Anda pasti akan ditawari dengan mobil-mobil lain. Yang tadinya Anda ingin membeli mobil A, bisa jadi Anda akan tergiur dengan mobil B dan bisa saja membuat Anda ingin membeli mobil tersebut.

Di dealer, Anda akan diajak petugas untuk melihat spesifikasi mobil-mobil lain secara langsung dan dijelaskan saat itu juga. Anda pun bisa bertanya terkait masalah otomotif.

Membeli Mobil Bekas di Perorangan
Tidak menutup kemungkinan Anda akan ditawari secara langsung oleh teman-teman yang akan menjual mobil, atau Anda tertarik dengan mobil yang ditawarkan di jejaring sosial internet. Membeli mobil perseorangan cukup berbeda dengan membeli dealer mobil. Berikut ini untung ruginya;

1. Dapat Dinego Secara Khusus
Membeli mobil bekas di perseorangan cukup simpel. Karena Anda akan bertemu langsung dengan penjualnya. Biasanya, mobil bekas perseorangan lebih murah dan dapat dinego.

2. Metode Pembayaran yang Simpel
Pada umumnya, penjual dan pembeli akan langsung memilih metode pembayaran yang simpel yaitu dengan tunai secara cash ataupun transfer. Karena biasanya penjual akan menghindari metode pembayaran kredit yang sangat tidak efektif.

3. Dapat Terkecoh oleh Kerusakan 
Jika tidak teliti, Anda akan terkecoh dengan kerusakan bagian mobil yang tidak terdeteksi sebelumnya ataupun dengan sparepart imitasi yang disematkan di mobil tersebut. Jika sudah begitu, penjual sudah lepas tangan dan sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab pembeli. Itulah yang dapat merugikan Anda. 

Itulah untung-rugi membeli dealer mobil dan mobil perseorangan. Baik membeli di dealer maupun perseorangan, Anda harus tetap teliti dalam membeli mobil bekas.

0 komentar:

Posting Komentar