Kamis, 30 Mei 2019

Ciri Mau Melahirkan yang Akan Dialami di Trimester Tiga


Selama dalam kondisi hamil sebaiknya Anda sangat berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Jangan makan sembarangan karena akan berisiko terhadap bayi di dalam kandungan. Jika sudah memasuki trimester ketiga ini ciri mau melahirkan yang akan dialami. Anda perlu waspada dan menyiapkan diri. 

Keluarnya Cairan
Ciri yang akan dialami seperti keluarnya carian berupa lendir yang kental bercampur darah. Lendir yang keluar dari vagina ini bisa juga keluar jika Anda berhubungan intim dengan pasangan. Namun jika keluarnya terjadi begitu saja berarti Anda sudah mau melahirkan. 

Perubahan Bentuk Serviks
Selanjutnya ciri-ciri yang akan Anda alami saat mau melahirkan adalah perubahan pada bentuk serviks. Posisi jaringannya akan melunak atau pun menjadi lebih elastis. Buat Anda yang sudah pernah melahirkan sebelumnya maka kondisi serviks akan lebih mudah membesar menjelang persalinan. Ciri ini bisa dipersiapkan proses persalinan jika terjadi di trimester ketiga. 

Payudara Bocor
Ciri mau melahirkan yang juga bisa terjadi adalah payudara Anda bocor dalam artian ASI sudah mulai keluar. Jadi, jika Anda mengalami ciri ini bisa segera menyiapkan persalinan dan merangsang payudara agar cairan tetap keluar. Manfaatnya tentu berhubungan dengan produksi ASI ke depannya. 

Sendi Lebih Kendur
Bagian sendi bisa menjadi lebih kendur sebelum Anda akan melahirkan. Ada hormon relaksin yang bekerja membuat semua bagian ligamen menjadi lemas dan kendur. Terjadinya ciri ini pada tubuh Anda berperan untuk membuka bagian pelvis saat melahirkan.

Perubahan Cara Jalan
Ciri yang juga bisa saja dialami menjelang melahirkan adalah cara jalan yang berubah yaitu menjadi agak menyilang. Hanya saja perubahan yang normal tidak akan membuat Anda merasa terganggu. Jika Anda merasa terganggu atau risih bisa melakukan konsultasi untuk menemukan solusinya.

Bengkak pada Labia
Anda juga bisa mengalami bengkak pada bagian labia atau bibir vagina. Pembengkakan ini terjadi karena meningkatnya volume darah pada tubuh ibu hamil. Jangan panik saat mengalami bengkak bisa diatasi dengan mengompresnya secara perlahan. 

Diare
Diare juga dapat menjadi ciri-ciri Anda akan melahirkan. Diare yang terjadi ini karena otot-otot di rahim sedang rileks untuk persiapan melahirkan dan disebabkan adanya tekanan pada kandung kemih. Akibatnya Anda bisa menjadi sering buang air atau diare. Jika mengalami ciri ini banyaklah minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi.

Posisi Bayi Turun
Ciri selanjutnya adalah posisi bayi akan mulai turun. Di mana posisi yang normal dari tubuh bayi menjelang melahirkan adalah posisi kepala ke bagian bawah. Bayi akan menuju jalan lahirnya sehingga meringankan tekanan di bagian diafragma dan Anda menjadi lebih mudah untuk bernapas.

Inilah ciri mau melahirkan yang bisa Anda waspadai atau mulai mempersiapkan diri jika sudah mengalaminya. Jangan terlalu banyak aktivitas jika sudah mengalami ciri ini. Lakukan kontrol ke dokter juga menjadi pilihan yang tepat. Anda yang masih membutuhkan informasi lainnya bisa melihat di Magazine Orami dengan mengunjungi orami.co.id. 

0 komentar:

Posting Komentar