Rabu, 26 Juni 2019

5 Sayuran Ini Bisa Membantu Membantu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak


Sayuran merupakan salah satu makanan pendamping sehari-hari yang kaya akan nutrisi. Sayuran kaya akan kandungan serat dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh dan kebutuhan nutrisi anak. Dengan mengkonsumsi sayuran secara rutin, maka tubuh Anda akan terasa jauh lebih sehat. Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit, seperti sembelit, gangguan cemas, mudah lelah, rentan stress, kelebihan berat badan, dan lain sebagainya. 

Sayuran juga sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Jika Anda memberikan menu sayuran pada makanan sehari-harinya, maka anak akan tumbuh sehat, cerdas, dan berkembang sesuai dengan usianya. Dengan rutin mengkonsumsi sayur, maka anak tidak memerlukan suplemen tambahan karena semua nutrisi yang dibutuhkan sudah terpenuhi dalam sayur-sayuran. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk selalu menghidangkan sayuran pada menu makanan anak.

Meskipun anak-anak cenderung tidak menyukai sayuran, namun Anda harus tetap sedikit memaksa mereka untuk mencicipi makanan yang satu ini. Jika nutrisi anak tidak tercukupi, maka anak akan sering mengalami berbagai gangguan kesehatan, salah satunya yaitu gangguan pencernaan. Jika anak mendadak sembelit, maka bisa dipastikan bahwa anak kekurangan asupan serat yang banyak terdapat pada sayur-sayuran.

Oleh karena itu, Anda harus senantiasa ‘memaksa’ anak untuk mengkonsumsi sayur-sayuran. Lalu, sayur-sayuran apa saja yang bisa Anda berikan? Intip ulasannya berikut ini.

1. Sayuran warna kuning dan orange
Agar nutrisi anak tetap tercukupi, maka Anda harus memberikan sayur-sayuran yang berwarna kuning dan orange. Sayur-sayuran ini memiliki  nutrisi yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak, yaitu kalsium, Vitamin A, vitamin C, dan magnesium. Sayur-sayuran yang berwarna kuning atau oranye ini bisa Anda temukan pada labu, jagung, paprika kuning, kentang, kacang kuning, wortel, ubi jalar, dan lain sebagainya.

2. Sayuran warna hijau
Sayuran dengan warna hijau juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi anak. Sayur-sayuran hijau ini dapat membantu untuk melawan infeksi,  melancarkan proses pencernaan, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan daya tahan tubuh.Sayuran hijau kaya akan klorofil, sert, folat, vitamin C, beta karoten, dan zeaxanthin. Sayuran hijau ini bisa Anda temukan pada brokoli, kangkung, bayam, mentimun, selada, dan lain-lain.

3. Sayuran berakar
Selain sayuran berwarna hijau dan kuning, sayuran berakar juga baik untuk dikonsumsi anak. Sayuran berakar ini bisa Anda temukan pada wortel, kangkung, ubi jalar, akar bit, kentang, dan lain-lain. Sayuran yang satu ini kaya akan kandungan antioksidan, anti radang, dan berbagai vitamin yang bisa mencegah anak dari serangan penyakit. Dengan mengkonsumsi sayur berakar secara rutin, maka kebutuhan nutrisi harian anak akan tercukupi.

4. Sayuran warna merah
Selain bisa memenuhi kebutuhan nutrisi, sayuran merah juga dipercaya bisa mengurangi resiko terkena penyakit mematikan. Sayur-sayuran merah seperti tomat, kubis merah, paprika merah, lobak merah, dan lain sebagainya dipercaya bisa menurunkan resiko terkena penyait diabetes, kolesterol tinggi, dan osteoporosis. Maka dari itu, rutinlah untuk mengkonsumsi sayuran ini agar kesehatan di masa mendatang lebih terjaga.

5. Sayuran putih
Sayuran putih bisa Anda temukan pada lobak, kacang putih, daun bawang, honeydew, parsnips, dan lain sebagainya. Sayur-sayuran ini bisa Anda jadikan sebagai menu sehat si kecil agar kebutuhan nutrisinya tetap tercukupi.

Itulah 5 sayuran yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Berikan anak Anda menu makanan terbaik untuk mendukung tumbuh kembang di periode emasnya.

0 komentar:

Posting Komentar