Rabu, 27 November 2019

Mengenal Gejala Kanker Usus Besar

Sumber gambar alodokter.com

Gejala kanker usus besar – usus besar adalah salah satu organ dalan yang harus dijaga kesehatannya. Perannya sangat vital. Tanpa adanya usus besar, besar kemungkinan Anda tidak akan bisa memproses makanan hingga sempurna (sampai ke tahap pembuangan akhir). Dan hal itu jelas sangat berbahaya dan beresiko menggganggu kesehatan.

Oleh karenanya, menjaga kesehatan usus besar sangatlah wajib dan harus dilakukan oleh semua orang. 

Nah, yang menjadi pertanyaan kemudian adalah, bagaimana bila usus besar terkena penyakit serius seperti kanker? Adakah cara pencegahan yang bisa dilakukan? Dalam hal ini, satu-satunya pencegahan adalah dengan mengidentifikasi gejala kanker usus besar itu sendiri. 

Ya, mengidentifikasi gejala sedikit banyak bisa jadi pilihan terbaik. Dengan cara ini Anda akan akan sedikit banyaknya bisa memberi penanganan sedini mungkin.

Lantas, apa saja gejala dari kanker organ pencernaan akhir ini? seberapa mudah dikenali? Seberapa sulit diidentifikasi? Untuk menjawabnya, mari kita simak pembahasan utamanya berikut ini.

Mengalami Kembung Yang Tidak Normal

Penderita kanker usus besar umumnya akan mengalami kembung yang tidak biasa. Yang dimaksud tidak biasa di sini adalah kembung yang berkepandangan dan tanpa sebab. 

Seperti yang Anda tahu, kembung sendiri umumnya diakibatkan oleh terlalu banyak minum. Kesan perut terisi penuh adalah ciri dari kembung. Tapi, lain lagi ceritanya jika Anda menderita kanker jenis ini. 

Dikutip dari alodokter.com, kembung yang dialami penderita kanker ini cenderung berkepanjangan walau tidak sedang selesai minum. Kembang yang mereka rasakan umumnya akan terus terjadi untuk waktu yang lama.

Sering Mengalami Sakit Perut Yang Mendadak 

Sebagaimana Anda tahu, sebagian besar dari penderita kanker akan mengalami sakit mendadak di area sel kanker itu tumbuh. Sama halnya dengan kanker usus besar. Kanker jenis ini akan memberikan sakit yang luar biasa bagi penderita. Umumnya, penderita akan mengalami sakit di area perut. 

Sakit yang dimaksud di sini bukan karena lapar atau sedang menahan buang air besar. Berbeda. Sakit yang penderita rasakan umumnya datang tanpa sebab dan keterikanan waktu.

Bentuk Kotoran Yang Tidak Biasa

Ini adalah gejala yang sudah parah. Gejala ini akan timbul manakala sel kanker sudah membesar dan menutupi jalan keluar kotoran. Saat kondisi ini terjadi, bentuk kotoran akan mengikuti sela-sela antara usus besar dan sel kanker. 

Dikutip dari hellosehat.com, pada beberapa kasus, penderita kanker usus besar akan memiliki kotoran yang lebih mirip pensil kecil. 

Bentuk ketoran ini bukan tanpa sebab. Kondisi usus besar yang terhalangi oleh sel kanker membuat bentuk kotoran mengikuti cela yang ada. Dan karena cela yang tersisa adalah demikian, maka bentuk kotoran pun akan mengikuti.

Keluarnya Darah Dari Usus Besar

Jika buang air besar Anda diikuti dengan keluarnya darah, Anda sebaiknya hati-hati. Sebab, pada halnya, Anda bisa jadi sedang mengidap kanker usus besar. Tapi perlu diingat pula; gejala ini bukan hanya dimiliki oleh kanker. Pendarahan biasa juga dapat membuat Anda mengeluarkan darah pada saat buang air besar. 

Oleh karena  hal itu, dibutuhkan kebijaksanaan dan kehati-hatian dalam mengidentifikasi setiap gejala yang ada. Jangan sampai salah ataupun keliru. 

Itulah tadi beberapa gejala kanker usus besar. Kanker jenis ini memang sukar sekali diidentifikasi karnena punya kemiripan dengan beberapa penyakit lain. Oleh karenanya, perlu komunikasi dan diskusi dengan tenaga medis untuk benar-benar bisa mengetahui penyakit yang satu ini.

0 komentar:

Posting Komentar