Sabtu, 02 Mei 2020

Kenali 4 Keuntungan Menggunakan Kredit Modal Kerja Berikut


Ketika Anda memiliki sebuah bisnis, ada kalanya Anda mengalami kesulitan dalam masalah finansial atau Anda ingin mengembangkan usaha menjadi lebih besar lagi. Ketika Anda membutuhkan modal untuk berbagai kebutuhan usaha semacam ini, Anda bisa menggunakan fasilitas kredit modal kerja. Kredit ini merupakan jenis kredit jangka pendek yang ditujukan bagi para pengusaha kecil dan menengah. 

Umumnya pencairan kredit yang bisa dicairkan adalah sebesar 70% dari keperluan modal serta menggunakan jaminan yang diberikan. Jaminan yang Anda berikan bisa berupa tanah, bangunan, ataupun bisnis dan usaha itu sendiri. Bunga yang diberikan untuk kredit jenis ini umumnya sekitar 13,5% dari nilai pinjaman. 

Persyaratan yang dibutuhkan juga cukup mudah, yaitu berupa dokumen-dokumen seperti fotokopi KTP, NPWP, kartu keluarga, rekening tabungan, akta nikah, penyerahan agunan, serta dokumen-dokumen legalitas usaha.

Keuntungan Menggunakan Kredit Modal kerja

Lalu, apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan kredit ini untuk membantu usaha atau bisnis yang Anda jalankan? Berikut beberapa keuntungannya.

1. Mendapat arus kas untuk mengembangkan bisnis

Hal ini tentu menjadi manfaat utama yang akan Anda dapatkan ketika mengajukan layanan fasilitas kredit modal kerja. Mengajukan pinjaman modal merupakan cara yang paling mudah dan cepat bagi Anda yang sedang membutuhkan tambahan dana untuk mengembangkan bisnis atau usaha Anda. 

Dibanding opsi pendanaan lainnya, kredit ini merupakan opsi yang terbaik, terlebih jika Anda merupakan pengusaha UMKM yang baru mulai untuk mengembangkan bisnis.

2. Tetap mempertahankan kontrol bisnis

Banyak orang-orang yang memilih opsi kredit ini ketika membutuhkan modal untuk mengembangkan usaha dengan alasan mereka bisa mendapat tambahan modal dan tetap memegang kontrol bisnis yang mereka jalankan. Prosedur yang diberikan bank berbeda jika Anda meminjam ekuitas dimana bisnis atau perusahaan Anda harus mengeluarkan saham. 

Dalam memberikan kredit ini, pihak bank tidak akan turut campur terhadap bisnis yang Anda jalankan. Pihak bank tetap memberikan kontrol sepenuhnya bisnis tersebut kepada pemiliknya. Jadi, Anda bisa mendapat tambahan dana dan tetap memegang kendali sebagai pemilik bisnis atau usaha yang Anda jalankan.

3. Bunga yang bisa dipotong dari pajak

Pengurangan pajak juga menjadi salah satu keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan layanan kredit ini. Dengan sistem yang diterapkan ini, bunga yang perlu Anda bayarkan pada bank atas pinjaman kredit Anda bisa dikurangkan dari nilai pajak Anda. 

Sistem ini khususnya dapat Anda terima pada pinjaman yang menerapkan sistem suku bunga tetap dimana bunga yang akan diberikan pada Anda akan bernilai sama dan tidak berubah sepanjang masa pinjaman. Hal ini tentunya memudahkan Anda untuk membuat anggaran pembayaran bulanan, terutama bagi para pengusaha kecil dan menengah.

4. Agunan aman

Ketika Anda akan mengajukan fasilitas kredit ini, pihak bank akan meminta sejumlah syarat yang menjadi jaminan Anda. Salah satu syarat yang harus Anda serahkan adalah aset-aset berharga Anda seperti surat tanah, bangunan, ataupun usaha itu sendiri. 

Aset-aset ini akan dijadikan jaminan atau agunan oleh pihak bank. Namun, Anda juga tidak perlu khawatir dengan keamanan aset-aset berharga yang menjadi agunan pinjaman Anda. Pihak bank akan bertanggung jawab secara penuh terhadap aset-aset tersebut dan menjaga keamanan aset Anda hingga nantinya proses pinjaman kredit Anda selesai. 

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mengajukan layanan kredit modal kerja untuk mengembangkan usaha atau bisnis Anda. 

0 komentar:

Posting Komentar